Selasa, 22 Desember 2015

Tips Mudah Membersihkan Kotoran Mesin Mobil

Bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang terkena cairan oli – Membahas mengenai kebersihan mesin mobil mungkin menjadi masalah utama ketika kita ingin mencuci mobil. Berbagai tempat treatment di lakukan untuk kedua bagian mobil. Pada bagian mobil misalkan, tidak hanya melakukan perawatan dengan mencuci bersih namun juga pada rentang waktu tertentu melaukan poles bodi untuk mengkilapkan kembali cat yang telah kusam atau memudar.

Salah satunya adalah bagian dapur pacu atau mesin yang harus di perhatikan, oleh karena itu memang letaknya yang tersembunyi di bawah kap sehingga ketika kita mencuci mobil bagian tersebut tidak terlihat. Namun jika kap mesin di buka baru anda akan menyadari betapa kotornya mesin mobil anda.

Tips Mudah Membersihkan Kotoran Mesin Mobil


Cara membersihkan mesin mobil yang kotor

Persiapan dalam Mencuci Mesin Mobil

Pastikan mesin mobil dalam keadaan hangat (jangan panas) dan apabila mesin masih dingin, kalau bisa di hangatkan saja dulu.

Bungkus dengan plastik bagian-bagian elektrikal

Setelah mesin dalam keadaan hangat, tutup bagian-bagian pengapian pada mesin seperti Distributor / Delco, Altenator, Dinamo Stater, Kabel-kabel busi serta sistem elektronik mesin. Bagian-bagian pengapian tersebut dapat ditutup dengan menggunakan lembaran kantong plastik, ikat dengan karet gelang atau isolasi untuk menghindari air yang dapat masuk. Atau dapat juga menutup bagian-bagian tersebut dengan alumunium foil, menggunakan alumunium foil memang lebih mudah dilakukan karena dapat direkatkan mengikuti lekukan komponen. Setelah itu jangan lupa untuk mengecek tutup oli mesin dan tongkat pengecek oli (dipstick), apakah sudah terpasang dengan baik? Hal ini penting agar air tidak masuk dan bercampur dengan oli mesin mobil kita.

Proses Pencucian Mesin Mobil

Setelah semua bagian pengapian dipastikan dalam keadaan aman maka mesin mobil sudah siap untuk dibersihkan. Bagian yang paling mudah untuk dibersihkan terlebih dahulu adalah bagian bawah kap mesin dengan disemprot menggunakan air dan setelah itu bagian dinding mesin. Untuk mencuci bagian bawah kap mesin gunakan saja sabun colek / krim karena sabun colek dapat melarutkan kotoran yang bercampur lemak dan juga oli. Gosok menggunakan sikat yang berbulu agak kasar, jika telah selesai segera bilas dengan air bersih, jangan sampai air sabun kering dengan sendirinya karena akan berbekas. Keringkan dengan menggunakan kain sehingga tidak ada lagi air yang menetes ke mesin.

Cara mencuci mesin mobil

Pencucian selanjutnya adalah dengan mencuci bagian ruang mesin, kita dapat menyemprot air terlebih dahulu, yang perlu diperhatikan air yang disemprotkan sebaiknya tidak dengan menggunakan tekanan tinggi (biasa digunakan untuk cuci steam), kita cukup menyemprot dengan menggunakan slang air biasa ataupun menggunakan botol spray yang sudah tidak terpakai lagi kembali. Dimulai dari blok mesin bagian belakang kemudian dilanjutkan ke bagian depan mesin mobil. Untuk membantu proses penyabunan bisa menggunakan spons, sedangkan untuk mengangkat kotoran dapat menggunakan kuas ataupun sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sulit dan penuh kotoran. Setelah itu, keringkan seluruh bagian mesin dengan kain perca atau handuk.

Penggunaan botol spray untuk menyemprotkan air

Seluruh proses harus dikerjakan secara cermat serta teliti. Apabila anda ragu dalam proses ini sebaiknya diserahkan kepada salon mobil profesional. Namun tanyakan terlebih dahulu langkah-langkah mereka dalam proses mencuci mesin mobil, apabila proses yang mereka jelaskan terkesan sembrono serta kurang professional atau tidak masuk akal maka dapat mencari salon mobil lain. Tanyakan juga garansi hasil pengerjaan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel ini kami ambil dari sumber yang terpercaya yang ada di internet, semoga artikel tentang "Tips mudah membersihkan kotoran mesin mobil secara benar" bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar