Rabu, 30 Desember 2015

Cara Praktis Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil - Ruang mesin mobil kadang kerap kali luput dari perhatian saat kita sedang mencuci mobil. Padahal mesin memiliki peranan yang amat penting. Membersihkan segi mesin benar-benar tak sama caranya dengan membersihkan body mobil,  butuh perhatian serta trik – trik khusus dalam pengerjaannya. Sebab jika di kerjakan asal–asalan maka kemungkinan mobil anda bakal susah di start sebab ada salah satu komponen elektrik yang kemasukan air, maka oleh karena itu kita wajib mengenal tutorial mencuci mesin mobil dengan baik serta benar.


Dibagian mesin tersedia berbagai perangkat elektronik yang tak boleh kemasukan air, serta berbagai sil karet yang mencegah air masuk dibagian tertentu. Jika mesin terlalu lama kotor serta berdebu, serta uap oli di biarkan terlalu lama, maka tak menutup kemungkinan sil karet tersebut bakal mengeras serta tentunya bakal mengurangi kinerja pada mesin. Maka dari itu kita tak boleh melupakan tahap tahapan  mesin dari mobil kita.

Trik Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi – trik tutorial dalam membersihkan ruang mesin dengan baik serta benar, faktor – faktor yang wajib di perhatikan yaitu sebagai berikut:

1. Persiapan sebelum mencuci ruang mesin
Pastikan sebelum di bersihkan mesin dalam keadaan hangat. Jika mesin tetap dingin maka mobil butuh di panasi terlebih dahulu. Faktor ini berfungsi untuk memudahkan proses pelepasan kerak – kerak yang menempel dibagian mesin mobil.

2. Bungkus dengan plastik tahap elektrik
Seusai mesin mobil dalam keadaan hangat, bungkus perangkat elektrik yang ada pada mesin supaya tak kemasukan air saat proses pencucian. Atau jika anda bisa menutupnya dengan alumunium foil atau apa saja yang penting perangkat elektrik tersebut aman dari air.

3. Proses pencucian mesin
Seusai semua proses di atas berakhir serta di pastikan tahap – tahap elektrik aman, maka ruang mesin mobil telah siap untuk di bersihkan. Pertama tama tahap yang di bersihkan merupakan yang paling mudah terlebih dahulu, tahap yang paling mudah di bersihkan merupakan tahap bawah kap mobil, semprot tahap tersebut dengan air, tapi ingat jangan semprot dengan air bertekanan tinggi. Untuk membersihkan tahap bawah kap mobil sebaiknya gunakan sabun colek, sebab sabun colek bisa melarutkan kotoran yang bercampur lemak juga oli. Gosok dengan sikat yang agak kasar, setelah selesai sebaiknya siram dengan air bersih, jangan biarkan air sabun kering dengan sendirinya sebab air sabun yang kering dengan sendirinya bakal meninggalkan bekas, segera keringkan dengan lap yang bersih.

4. Tutorial mencuci mesin mobil
Proses yang selanjutnya yaitu membersihkan tahap mesin. Siram bagian pada mesin dengan air sekali lagi ingat yaa.... jangan memakai air dengan tekanan tinggi pada saat proses penyiraman. Kita cukup dengan menyiram menggunakan slang air biasa atau dengan memakai botol spray yang telah tak terpakai. Di mulai dari blok mesin bagian belakang kemudian di lanjutkan hingga ke bagian depan mesin. Untuk menolong proses pembersihan bisa memakai spon alias kuas. Jika tersedia kerak oli yang susah di hilangkan bisa memakai cairan khusus yang mudah di dapatkan di pasaran. Kemudian seusai berakhir bilas dengan air bersih serta langsung di lap biar kering.

Seluruh proses pengerjaan harus di lakukan dengan cermat dan tidak boleh sembarangan.
Karena pada bagian mesin mobil terdapat beberapa bagian penting yang tidak boleh kemasukan air. Apa bila anda dapat melakukan cara di atas dengan benar maka mesin mobil anda akan bersih kembali layaknya mobil baru.

Ada baiknya jika anda kesulitan dalam membersihkan bagian ruang mesin mobil anda sendiri sebaiknya mobil anda dibawa ke salon mobil terdekat agar lebih optimal serta lebih detail, dalam proses pengerjaannya, sehingga mesin mobil anda lebih prima dalam penggunaannya pada saat anda mengendarai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar